Pengertian dari iklan kontekstual adalah iklan dari
provider yang isinya sudah disesuaikan dengan konten pada website atau blog
Anda. Biasanya berasal dari beberapa provider besar seperti Yahoo!,
Google FindWhat dan lain sebagainya. Dan yang cukup populer adalah iklan
kontektual dari program Adsense milik Google. Memang belum banyak blogger
maupun pemilik website yang melirik program iklan kontekstual ini karena memang
harus melalui beberapa proses.
Contoh Iklan Kontekstual
Jika Anda masih bingung dengan iklan
kontekstual, contoh sederhananya adalah ada sebuah blog dengan genre
Niche yang membahas tentang petualangan (Adventure). Pada blog tersebut
terdapat iklan produk-produk yang berhubungan dengan dunia petualangan seperti
celana gunung, tenda dome, atau tas carrier. Jadi memang iklan kontekstual
selalu berhubungan dengan isi blog maupun website.
Cara Penargetan Iklan
Kontekstual
Pada sistem periklanan Google, untuk penargetan iklan
kontekstual awalnya akan menganalisis konten pada sebuah laman web guna
menentukan tema sentralnya. Setelah itu kemudian dicocokkan dengan iklan yang
menggunakan kata kunci serta pilihan topik atau pembahasan, penargetan bahasa
serta penargetan lokasi. Bahkan penargetan juga akan melalui proses riwayat
penjelajahan terbaru pengunjung, maupun faktor lainnya.
Iklan kontekstual dari hasil mesin pencarian melalui
media situs pencari merupakan salah satu sektor periklanan yang cukup pesat dan
cepatperkembangannya. Bahkan lebih lanjut iklan kontekstual ini dianggap sudah
sukses mematikan terhadap industri iklan baris yang jaman dahulu sempat
populer.
Jenis Iklan Kontekstual
Ternyata iklan kontekstual memiliki beberapa jenis
tampilan, baik itu bertampilan konten sisipan, dan windows pop-up. Iklan
tersebut didasarkan pada behaviour-tracking. Jadi jangan heran jika ada blog
dan website saat ini memiliki iklan kontekstual berupa pop-up yang bahkan
dianggap cukup besar dan banyak disebut agak mengganggu. Pengunjung harus
melakukan hide jika tidak ingin menampilkan iklan.
Keuntungan Iklan Kontekstual
Keuntungan iklan kontekstual ternyata berpihak kepada
3 pihak, yakni penyedia host atau provider, pemilik website atau blog serta
pemilik produk yang di iklankan. Jadi pihak yang memfasilitasi iklan PPC
internet seperti Google Adwords tentu saja akan mendapatkan keuntungan seperti
pada iklan Adsense biasa. Kemudian keuntungan dari pihak pemilik blog atau
website adalah mendapatkan uang berdasarkan sistem pay per click.
Selain itu blog atau website akan terlihat lebih
konsisten karena seluruh isinya berupa satu tema atau satu topik pembahasan,
baik mulai dari artikelnya, foto-foto serta iklannya. Untuk iklan non
kontekstual sepertinya akan terlihat acak karena bisa saja sebuah blog atau web
yang berisi artikel masak-memasak namun iklannya berisi produk kosmetik.
Akhirnya dengan berkaitannya antara isi blog atau website dengan iklan,
otomatis membuat pengunjung memungkinkan lebih banyak klik iklan tersebut.
Lalu bagaimana dengan pihak yang memasang iklan atau
pihak yang selaku pemilik produk? Apakah sangat efektif dengan mengikuti
program iklan kontekstual ini? Jawabannya ya sudah tentu sangat efektif. Karena
setiap pengunjung Niche blog biasanya adalah orang yang tertarik dengan bidang
pembahasan yang ditulis, maka memungkinkan juga ia akan tertarik dengan produk
pada iklan.
Artinya semakin menambah besar peluang produk Anda
diminati serta menambah konsumen baru. Artinya pemasangan iklan kontekstual
lebih maksimal, tepat guna dan tepat sasaran karena ditunjukan langsung kepada
orang yang tertarik pada produk. Sebagai contoh Anda pemilik produk sepeda
balap, tentu tidak efektif jika ikan ditempatkan pada website yang membahas
dunia kosmetik.
Trik Penargetan Lain Dari
Iklan Kontekstual
Pada sistem Google Adwords Iklan ternyata sebuah iklan
kontekstual juga bisa saja muncul pada laman yang tidak mesti berhubungan
produk pada iklan. Trik yang digunakan iklan tersebut akan muncul pada sebuah
laman yang dibuka oleh seseorang yang sebelumnya ini telah membuka halaman
tentang pembahasan tertentu. Sebagai contoh seseorang telah membuka situs
fotografi, namun setelah itu ia membuka situs tentang kesehatan. Maka iklan
kontekstual produk fotografi bisa muncul pada laman kesehatan yang sedang
dibuka.
Sumber : http://tulisbaca.com/memahami-iklan-kontekstual-dan-keuntungannya/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar