Rabu, 24 September 2014

MEMBUAT GAME SEDERHANA DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI STRAWBERRY PROLOG

UNIVERSITAS GUNADARMA
TUGAS SOFTSKILL
“MEMBUAT GAME SEDERHANA
DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI
STRAWBERRY PROLOG”
MANUAL BOOK
“TJTHELLO”
NAMA ANGGOTA     :       
1.       CATHERIN RUMAMBO M. P.    (51411589)
2.       NOFIYARDI                                   (55411199)         
3.       RATRI SIWI JUWITA                  (55411907)                   
4.       RIO R. PRATAMAHADI               (56411253)                   
5.       ROIS KORNIAWAN                      (56411436)
KELAS                         :        3IA11
JURUSAN                     :        TEKNIK INFORMATIKA
FAKULTAS                 :        TEKNOLOGI INDUSTRI
DIAJUKAN GUNA MELENGKAPI
TUGAS SOFTSKILL
UNIVERSITAS GUNADARMA
2014






Initial State :
TJTHELLO merupakan pengembangan dari permainan Reversy yang ada pada Strawbery Prolog. Dalam permainan sebenarnya, Othello/Reversy ini terdiri dari kotak-kotak kecil yang berukuran 8x8. TJTHELLO memiliki sedikit perbedaan, karena TJTHELLO memili 6x6 kotak. Game TJTHELLO memiliki dua tampilan, yaitu tampilan awal (Splash Screen) dan tampilan game play itu sendiri.
Pada tampilan awal (Splash Screen) terdiri dari 3 button menu :
·         Menu “START”
o   Berfungsi untuk masuk ke tampilan game play dimana kita dapat memulai permainan tersebut.
·         Menu “ABOUT”
o   Berfungsi untuk menampilkan  pesan yang dibuat oleh pembuat game.
·         Menu “EXIT”
o   Mengakhiri permainan
Permainan ini dapat melatih daya strategi seseorang dalam memperebutkan daerah dengan computer (AI) sebagai lawannya. Initial state yang dibangun terlebih dahulu adalah pembuatan papan (daerah permainan). Game TJTHELLO terdiri dari papan dengan 36 kotak dengan ukuran 6x6, yaitu 6 baris dan 6 kolom.
Pada tampilan kedua game TJTHELLO, terdapat empat buah menu dengan satu menu pop up. Diantaranya :
·         Menu Game adalah menu pop up yang berisi menu Start New Game dan Exit. Menu Start New Game digunakan untuk memulai permainan baru sedangkan exit untuk mengakhiri permainan dan kembali lagi ke tampilan awal.
·         Menu How to Play berisi tata carabermain game TJTHELLO
·         Menu Back apabila di klik akan ke tampilan awal (Splash Screen)
·         Menu About yang berisi pesan tentang pembuat game

 Dalam permainan ini, terdapat backsound, info (menang, seri atau kalah), waktu, skor dan gambar bidak player serta computer. 

untuk lebih jelasnya, silahkan download manual book dan gamenya melalui link yang tersedia dibawah ini.

Selasa, 28 Januari 2014

Artikel Pemodelan Grafik

Desain diterjemahkan sebagai seni terapan, arsitektur, dan berbagai pencapaian kreatif lainnya. Dalam sebuah kalimat, kata “desain” bisa digunakan baik sebagai kata benda maupun kata kerja. Sebagai kata kerja, “desain” memiliki arti “proses untuk membuat dan menciptakan obyek baru”. Sebagai kata benda, “desain” digunakan untuk menyebut hasil akhir dari sebuah proses kreatif, baik itu berwujud sebuah rencana, proposal, atau berbentuk obyek nyata.

 Grafika adalah segala cara pengungkapan dan perwujudan dalam bentuk huruf, tanda, dan gambar yang diperbanyak melalui proses percetakan guna disampaikan kepada khalayak. Contohnya adalah: foto, gambar/drawing, Line Art, grafik, diagram, tipografi, angka, simbol, desain geometris, peta, gambar teknik, dan lain-lain. Seringkali dalam bentuk kombinasi teks, ilustrasi, dan warna.

Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam disain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. disain grafis diterapkan dalam disain komunikasi dan fine art. Seperti jenis disain lainnya, disain grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan, metoda merancang, produk yang dihasilkan (rancangan), atau pun disiplin ilmu yang digunakan (disain).

Seni disain grafis mencakup kemampuan kognitif dan keterampilan visual, termasuk di dalamnya tipografi, ilustrasi, fotografi, pengolahan gambar, dan tata letak.

Proses desain pada umumnya memperhitungkan aspek fungsi, estetik dan berbagai macam aspek lainnya, yang biasanya datanya didapatkan dari riset, pemikiran, brainstorming, maupun dari desain yang sudah ada sebelumnya. Akhir-akhir ini, proses (secara umum) juga dianggap sebagai produk dari desain, sehingga muncul istilah “perancangan proses”. Salah satu contoh dari perancangan proses adalah perancangan proses dalam industri kimia.

Permodelan adalah melakukan pembuatan dengan menggunakan model sebagai bahan dari obyek yang nantinya akan kita garap, sehingga pemodelan dengan kata lain membuat sesuatu dengan membandingkan model yang akan di buat kalo kata orang2 siih semacam replika begitu.

Desain pemodelan grafis adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang membuat dan menciptakan obyek baru berupa seni terapan, arsitektur, dan berbagai pencapaian kreatif lainnya yang direkayasa perangkat lunak merupakan suatu hal yang dilakukan di tahapan awal untuk pembuatan, penyimpanan, dan manipulasi model dan citra.

Prinsip dan Unsur

Unsur dalam desain grafis sama seperti unsur dasar dalam disiplin desain lainnya. Unsur-unsur tersebut (termasuk shape, bentuk (form), tekstur, garis, ruang, dan warna) membentuk prinsip-prinsip dasar desain visual. Prinsip-prinsip tersebut, seperti keseimbangan (balance), ritme (rhythm), tekanan (emphasis), proporsi (“proportion”) dan kesatuan (unity), kemudian membentuk aspek struktural komposisi yang lebih luas.

Vektor dan bitmap, keduanya merupakan cara komputer menampilkan desain itu sendiri.

Vektor
vektor disusun oleh objek geometris berdasarkan perhitungan matematis. Vektor tidak bergantung kepada resolusi gambar sehingga jika gambar vektor dibesarkan (zoom in) ataupun dikecilkan (zoom out) tidak akan mengalami kerusakan (blur).ukuran penyimpanan pada vektor relatif kecil sehingga vektor cocok untuk logo dan jenis desain yang mengandalkan kesederhanaan bentuk. Format penyimpanan pada vektor bisa berupa AI, CDR, FH ataupun EPS. Kelebihan grafik vektor antara lain yaitu ruang penyimpanan untuk objek gambar lebih efisien, objek gambar vektor dapat diubah ukuran dan bentuknya tanpa menurunkan mutu tampilannya, dapat dicetak pada resolusi tertingi printer anda, menggambar dan menyunting bentuk vektor relatif lebih mudah dan menyenangkan. Sedangkan kekurangan grafis vektor yaitu tidak dapat menghasilkan objek gambar vektor yang prima ketika melakukan konversi objek gambar tersebut dari format bitmap. Program yang digunakan adalah CorelDraw, Adobe Illustrator, dan Macromedia Freehand.

Bitmap
Bitmap disusun oleh objek yang disebut pixel. Bitmap bisa juga disebut sebagai raster. Bitmap sangat bergantung kepada resolusi gambar sehingga jika mengalami perbesaran atau perkecilan gambar akan blur (jika melewati batas toleransi tampilan). Bitmap digunakan untuk gambar yang kompleks seperti foto hasil bidikan kamera sehingga ukuran penyimpanan bitmap relatif besar. Format penyimpanan pada bitmap yaitu PSD, TIF, JPEG, GIF, BMP. Kelebihan grafik bitmap antara lain yaitu dapat ditambahkan efek khusus tertentu sehingga dapat membuat objek tampil sesuai keinginan, dapat menghasilkan objek gambar bitmap dari objek gambar vektor dengan cara mudah dan cepat, mutu hasilnya pun dapat ditentukan. Sedangkan kelemahan nya yaitu objek gambar tersebut memiliki permasalahan ketika diubah ukurannya, khususnya ketika objek gambar diperbesar, efek yang diidapat dari objek berbasis bitmap yakni akan terlihat pecah atau berkurang detailnya saat dicetak pada resolusi yang lebih rendah. Software yang digunakan adalah Adobe Photoshop, Corel Photopaint, MS Paint.

Software-software pendukung desain grafis

- Adobe Photoshop

- Autocad

-Maya

-Google Sketch UP

-3D StudioMax

- Blender

-dll

Sumber
http://nurulapriyanii.wordpress.com/2013/01/13/desain-pemodelan-grafik/
http://3anapoe3.wordpress.com/2011/10/09/tugas-softskill-desain-pemodelan-grafik/

Resume sejarah grafik 3D

Desain Pemodelan grafis dalam perkembangannya disebut dengan CG,dimana dapat berinteraksi dengan mudah antara manusia dengan komputer. Perkembangan komputer grafis memiliki dampak yang besar pada banyak jenis media dan telah merevolusi diindustri seperti dibidang animasi dan video game.Adapun istilah komputer grafik banyak digunakan pada beberapa hal:

a.Representasi dan manipulasi data citra oleh komputer.
b.Berbagai teknologi yang digunakan untuk membuat dan memanipulasi gambar.
c.Pada gambar yang dihasilkan.
d.Sub-bidang ilmu komputer yang mempelajari metode untuk mensintesis digital dan memanipulasi konten visual

Saat ini, komputer grafis mengahasilkan segala sesuatu yang banyak berkaitan dengan berbagai aspek kehidupan kita sehari-hari.Contohnya daoat ditemukan di televisi, di koran, film dsb. Seperti misalnya dalam laporan cuaca  atau dalam semua jenis penyelidikan medis dan prosedur operasi. Grafik juga dapat digunakan dalam media seperti laporan,serta tugas-tugas makalah.Untuk mendukung perkembangan ini telah banyak perangkat lunak yang diciptakan untuk mendukung kinerja dari komputer grafis atau CG.Perangkat-perankat lunak tersebut dapat dikategorikan menjadi antara lain : untuk 2D, 3D, dan animasi grafis. Karena teknologi berkembang pesat kebanyakan digunakan adalah perangkat 3D ,tetapi tidak sedikit yang masih menggunakan perangkat komputer grafis  2D. Oleh karena itu Komputer Grafis telah muncul sebagai sub-bidang  ilmu komputer yang mempelajari metode untuk mensintesis digital dan memanipulasi konten visual.
Dan Sejarah dari desain pemodelan grafis itu sendiri adalah antara lain:
1.Awal tahun 60-an dimulainya model animasi dengan menampilkan simulasi efek fisik
2.1961:Edward Zajac menyajikan suatu model simulasi satelit dengan menggunakan teknologi Grafik Komputer
3.1963:Alat untuk menampilkan Calligraphic (vector),Mouse oleh Douglas Englebert
4.1970:Pierre B´eezier mengembangkan kurva B´eezier
5.1972:ditayangkannya filmWestworld, sebagai film pertama yang menggunakan animasi komputer
6.1974:Ed Catmull mengembangkan z-buffer (Utah). Komputer animasi pendek, Hunger:Keyframe animation and morphing
7.1976:Jim Blinn mengembangkan texture dan bump mapping
8.1977 Film terkenal Star Wars menggunakan grafik komputer
9.Pertengahan tahun 70-an hingga 80-an: Pengembangan Quest for realism radiosity sebagai main-stream aplikasi realtime
10.1982:Pengembangan teknologi grafik komputer untuk menampilkan partikel
11.1984:Grafik Komputer digunakan untuk menggantikan model fisik pada film The Last Star Fighter
12.1986:Pertama kalinya Film hasil produksi grafik komputer dijadikan sebagai nominasi dalam Academy Award: Luxo Jr. (Pixar).
13.1995:Diproduksi fillm Toy Story (Pixar dan Disney) sebagai film 3D animasi panjang pertama
14.Akhir tahun 90-an, ditemukannya teknologi visualisasi interaktif untuk ilmu pengetahuan dan kedokteran, artistic rendering, image based rendering, path tracing, photon maps, dll.
15.Tahun 2000 ditemukannya teknologi perangkat keras untuk real-time photorealistic rendering.

http://yudibudi.blogspot.com/2013/11/artikel-desain-pemodelan-grafis.html

Selasa, 19 November 2013

Airport

Tutorial kali ini akan menjelaskan tentang pembuatan beberapa objek 3D yang ada di bandar udara. Tidak semua yang akan digambar, hanya cukup beberapa materil saja.
1.      Berawal dari membuka software untuk membuatnya. Software yang dipakai adalah Sketchup 8. Seperti inilah tampilan awalnya
 2.  Objek pertama yang dibuat adalah lapangan terbangnya. Tool yang digunakan adalah gabungan dari beberapa Rectangle
membuat lintasan awal, kemudian membuat garis putus – putus di tengah

untuk pemberian warna putih, klik kanan pada rectangle kecil tersebut kemudian klik
entity info, pada bagian face 

klik gambar bagian kiri akan muncul
jendela choose paint pilih light gray kemudian klik edit 

kemudian set menjadi warna ptuih pada color wheel , kemudian klik OK

kemudian jadilah seperti berikut 

kemudian lanjutkan sampai ujung dengan meng-copy objek tersebut, ini hasilnya 

3.      Setelah jalan dibuat, berikutnya adalah membuat menara pengawas pesawat, menggunakan beberapa tool, pada pembuatan ini menggunakan tool polygon dan rectangle.

4. Untuk memberi pewarnaan pada menara, klik kanan pada bagian yang akan diberi warna , kemudian klik kanan, pilih entity info, kemudian langkahnya hamper sama dengan pemberian warna pada jalan pesawat, tetapi perbedaannya setelah mengklik edit, berikan tanda ceklis pada use texture image, maka akan membuka jendela baru yang menuju kepada lokasi memori komputer dan user akan bisa memilih warna yang diinginkan berdasarkan storage yang dimiliki oleh user.



5. Kemudian User membuat gambar pesawat menggunakan tool get models, kemudian mencari gambar pesawat yang kira – kira cocok

saat menekan tool get meodels.. akan keluar window untuk mencari objek yang diinginkan, setelah didapat, kemudian klik download model -> klik OK, maka gambar akan tampil , tinggal menyesuaikan gambar yang ada.

6.      Tampak lah gambar seperti berikut

Sabtu, 05 Oktober 2013

Perkembangan dan Software Desain Grafis

Sejarah Desain Grafis
Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam disain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. disain grafis diterapkan dalam disain komunikasi dan fine art. Seperti jenis disain lainnya, disain grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan, metoda merancang, produk yang dihasilkan (rancangan), atau pun disiplin ilmu yang digunakan (disain).
Seni disain grafis mencakup kemampuan kognitif dan keterampilan visual, termasuk di dalamnya tipografi, ilustrasi, fotografi, pengolahan gambar, dan tata letak.

Pada tahun , Henry Cole menjadi salah seorang yang paling berpengaruh dalam pendidikan desain di Inggris, ia meyakinkan pemerintah tentang pentingnya desain dalam sebuah jurnal yang berjudul Journal of Design and Manufactures. Dia menyelenggarakan The Great Exhibition sebagai perayaan atas munculnya teknologi industri modern dan desain bergaya Victoria.
Dari tahun 1891 sampai 1896, Percetakan William Morris Kelmscott mempublikasikan buku karya desain grafis yang dibuat oleh gerakan Arts and Crafts , dan membuat buku dengan desain yang lebih bagus dan elegan untuk dijual kepada orang-orang kaya. Morris membuktikan adanya potensi pasar untuk produk-produk desain grafis. Morris juga mempelopori pemisahan desain grafis dari seni rupa. Karya – karya Morris dan karya dari pergerakan Private Press secara langsung mempengaruhi Art Nouveau, dan secara tidak langsung mempengaruhi perkembangan desain grafis pada awal abad ke 20.
Kata Desain Grafis pertama kali digunakan pada tahun 1922 di sebuah esai berjudul New Kind of Printing Calls for New Design yang ditulis oleh William Addison Dwiggins, seorang desainer buku Amerika.
Raffe's Graphic Design, yang diterbitkan pada tahun 1927, dianggap sebagai buku pertama yang menggunakan istilah Desain Grafis pada judulnya
The signage in the London Underground adalah contoh desain klasik pada abad modern yang menggunakan jenis huruf yang dirancang oleh Edward Johnston pada tahun 1916.
Pada tahun 1920, Aliran konstuktivisme di Uni Soviet melihat seni yang berorientasi individu tidak ada gunanya bagi Rusia dan membuat sesuatu yang dapat diterapkan di dunia nyata. Mereka mendesain bangunan, perangkat teater, poster, kain, pakaian, perabot, logo, menu, dll.
Jan Tschichold merumuskan prinsip-prinsip dasar tipografi modern pada tahun 1928 dalam bukunya yang berjudul New Typography. Tschichold, Bauhaus,Herbert Bayer and Laszlo Moholy-Nagy, and El Lissitzky adalah tipografer yang berpengaruh besar dalam ilmu desain grafis yang kita kenal sekarang ini. Mereka mempelopori teknik produksi yang digunakan sepanjang abad ke 20. Pada tahun-tahun berikutnya desain grafis mendapat banyak pengakuan dan mulai banyak diterapkan. Pasca Perang Dunia II, kebutuhan akan desain grafis meningkat pesat, terutama untuk periklanan dan kemasan produk. Perpindahan Sekolah Bauhaus dari Jerman ke Chicago pada tahun 1937 membawa pengaruh besar pada desain di Amerika. Nama- nama yang terkenal diantaranya Adrian Frutiger(desainer jenis huruf Univers dan Frutiger), Paul Rand(yang dari akhir 1930-an sampai kematiannya pada tahun 1996 menggunakan prinsip Bauhaus dan menerapkannya padaiklan dan desain logo.
Perkembangan industi desain grafis tumbuh seiring dengan perkembangan konsumerisme. Hal ini menimbulkan kritik dari berbagai komunitas desain yang tertuang dalam First Things First manifesto yang pertama kali diterbitkan pada tahun 1964 dan diterbitkan kembali pada tahun 1999 di majalah Émigré. Konsumerisme terus tumbuh, sehingga terus memacu pertumbuhan ilmu desain grafis. Hal ini menarik para praktisi desain grafis, beberapa diantaranya adalah : Rudy VanderLans, Erik Spiekermann, Ellen Lupton and Rick Poynor.

Banyak software yang bisa digunakan untuk membuat sebuah desain. Disini akan dibahas beberapa software yang sering digunakan dalam sebuah desain grafis.

1. Adobe Photoshop
Software ini  biasa disebut sebagai photoshop. Ini merupakan software yang wajib dikuasai untuk dasar dalam pembuatan desain grafis. Perangkat lunak ini dikhususkan untuk pengeditan foto/gambar dan pembuatan efek. Photoshop memiliki kemampuan untuk membaca dan menulis gambar berformat raster dan vektor seperti .png, .gif, dan .jpeg. Tool-tool yang ada didalam software ini adalah :


·         History Brush Tool
·         Eraser Tool
·         Path Selection Tool
·         Direct Selection tool
·         Pen Tool
·         Shape Tool
·         Brush Tool
·         Audio Annotation Tool
·         Eyedropper Tool
·         Measure Tool
·         Text Tool
·         Hand Tool



2. Corel Draw
Software ini banyak digunakan oleh para desain grafis untuk berbagai kebutuhan. Biasanya digunakan dalam bidang promosi. Software ini cocok untuk membuat desain brosur, poster, spanduk, dll. Software ini berformat cdr. Operasi dasar dalam corel draw ini sangatlah banyak, yaitu : objek garis, objek gambar, objek teks, objek 2D menjadi 3D, objek artistic, dan warna.


3. Adobe illustrator
Adobe illustrator murapakan perangkat lunak yang berbasis ilustrasi. Adobe Illustrator sangat kompatibel dengan beragam software lainnya. Adobe illustrator digunakan untuk  mencetak, desktop publishing, dan web publishing. Adobe Illustrator bersifat user friendly, yaitu sangat memudahkan user dalam menggunakan dan mengakses beragam fitur yang ada, terutama dengan sistem pengelompokan fasilitas melalui fasilitas menu, toolbox, palette dan sebagainya.


4. Macromedia FreeHand
Macromedia freehand bias dibilang hampir sama kegunaannya dengan adobe illustrator. Freehand ini digunakan untuk membuat grafik vektor  2 dimensi. Software ini sering digunakan untuk pembuatan sistem layout halaman, pembuatan dan pengeditan grafik vektor untuk printing dan web yang diorientasikan untuk pasar pemasaran desktop professional.


Sumber:

Kamis, 04 Juli 2013

Perbandingan Beberapa Jejaring Sosial

Kelebihan
Facebook :   
1.    Memiliki kemampuan untuk membuat status banyak karakter sekaligus melampirkan gambar
2.    Bisa membuat Grup apapun latarbelakangnya
3.    dapat menyisipkan dokumen ataupun file

Twitter:
1.    Memiliki trending topics
2.    Bentuknya sederhana dengan batasan 140 karakter
3.    Tipe komentar yang sedikit berbeda dari jejaring social yang lain

Koprol (jejaring sosial yahoo) :
1.    Dengan Koprol, pengguna bisa mengulas lokasi-lokasi yang mereka kunjungi. Lokasi yang bisa di-update tidak hanya sebatas restoran, kafe, atau mal, namun juga kota, tempat publik, dan lain sebagainya.
2.    Pengguna bisa mengetahui siapa-siapa saja pengguna Koprol lain yang sedang berada di lokasi sekitarnya.
3.    Dengan adanya fitur Yahoo! Maps pada jejaring sosial ini, pengguna Koprol dimudahkan untuk mengetahui lokasi tempat dia berada.

Kekurangan
Facebook:
1. Memakan bandwidth dan resource yang cukup besar.
tampilan baru yang menggunakan cukup banyak gambar akan menyulitkan kita untuk membuka profil facebook, terlebih lagi bila koneksi internet yang sedang down.
2. Informasi pribadi bisa terlihat oleh umum.
dengan adanya timeline baru, informasi pribadi kita malah lebih diperlihatkan secara jelas kepada umum.
3. Tidak bisa kembali,
maksudnya yaitu ketika pengguna facebook memilih untuk mengubah tampilan facebook menggunakan timeline baru, dan setelah menggunakannya ternyata kita kurang “srek” dengan tampilan baru tersebut kita tidak bisa lagi kembali ke tampilan facebook semula.

Twitter:
1.    Dalam suatu kondisi, tidak dapat menghapus timeline yang terbuat
2.    Karakter yang hanya 140 itu cukup terbatas, tidak bisa terlalu eksplorasi
3.    Membuat seseorang sombong saat followernya banyak

Koprol:
1.    Database tempat-tempat yang tersedia masih belum terlalu banyak. Namun demikian, pengguna bisa menambahkan tempat-tempat yang sering dikunjungi dengan melalui form feedback.

        Sebenarnya masing – masing jejaring social memiliki kelebihan dan kekurangannya, pembuatnya akan selalu memberikan terbaik untuk kenyamanan penggunannya dan akan terus memberikan update versi terbarunya. Jika di tinjau dari manfaat untuk pendidikannya. Jejaring sosial tersebut sangat bermanfaat dan mendukung. Karena kebutuhan pendidikan dapat dicari pada kolom search ataupun mempublikasikan yang menyangkut pendidikan. Hal – hal yang menyagkut tentang pendidikan akan keluar dalam bentuk pages ataupun grup.

sumber:


Minggu, 09 Juni 2013

Membuat Web (revisi)

Tugas pembuatan web.
Alamat website yang telah di buat , link : letjenardiril.vistamobi.com

Di bagian beranda merupakan kata - kata pembukaan tentang web di buat
Bagian blog-nya masih kosong, itu disengaja
Di bagian kontak merupakan alamat dan nomor - nomor yang bisa dihubungin serta email pemilik
Bagian tab telepon tidak bissa terpakai atau hiasan ^_^